Mohon Perhatian ! "Jika Laman website ini tidak tampil dengan sempurna mohon matikan terlebih dahulu ADBLOCK anda kemudian refresh ulang laman ini. Terima Kasih."

Tempat Wisata di Brebes yang Paling digemari Pengunjung

Thursday, January 4th 2018. | Wisata Jawa Tengah
advertisement

advertisement

Tempat Wisata di Brebes yang Paling digemari Pengunjung

Tempat Wisata di Brebes – Brebes merupakan bagian kabupaten yang terdapat di jawa Tengah dan berbatasan lekas dengan Kabupaten Cirebon Jawa Barat. karna lokasinya yang berdekatan dengan Jawa Barat ada beberapa orang yang menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa sehari hari disamping Bahasa Jawa pastinya. Bahasa Jawa di Brebes mempunyai dialek yang ciri di mana biasanya orang menyebutnya dengan bahasa ngapak.

Memang ini ialah bagian kekayaan budaya kita yang mesti kita lestarikan bersama-sama. Menurut beberapa sumber, Brebes jadi kabupaten yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak di Provinsi Jawa Tengah dan jadi kabupaten terluas ke dua seusai Kabupaten Cilacap. Kabupaten yang berada diperbatasan wilayah provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat ini terkenal dengan bahasa ngapaknya.

Tempat Wisata di Brebes yang Paling digemari Pengunjung
Nah Adapun beberapa tempat wisata di Brebes yang telah cukup terkenal dan dapat jadi target Kamu bagi liburan diantaranya.

1. Tempat Wisata Curug Putri Brebes

Curug Putri Brebes

Tempat wisata alam yang berada pada Brebes yang tak kalah indahya dengan daerah lainnya. bagian wisata alam yang berada pada Brebes ialah Curug Putri. Curug Putri mempunyai pemandangan yang indah yaitu bagian air terjun setinggi 35 meter di mana di kurang lebih air terjun terdapat tebing yang seakan-olah terdapat ukiran dipermukaannya.

Curug Putri dapat ditempuh selama 30 menit perjalanan dengan kendaraan dari pertigaan Kalisalak Desa Benda ruas jalan utama Tegal-Purwokerto. Sesampainya di Desa Mendala, perjalanan dilanjutkan menuju Dukuh Padanama. Alamat Curug Putri sendiri berada pada Dukuh Padanama, Desa Mandala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes

2. Tempat Wisata Kebun Teh Kaligua Brebes 

Kebun Teh Kaligua

Kaligua merupakan bagian kawasan wisata agro dataran tinggi yang terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tepatnya di wilayah Brebes bagian selatan. Agrowisata Kaligua dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah dan merupakan diversifikasi usaha bagi meningkatkan optimalisasi aset perusahaan dengan daya dukung potensi alam yang indah.

Hasil pemrosesan perkebunan teh Kaligua ialah berupa product hilir teh hitam (black tea) dengan merk “Kaligua” dlm kemasan teh celup dan serbuk. Di sini merupakan obyek wisata yang amat sesuai untuk Kamu yang hobby melihat pemandangan. Di sini Kamu bakalan merasa pemandangan landscape yang indah, dipadukan dengan udara yang sejuk. Wisatawan yang berkunjung dapat menikmati hangatnya teh hitam Kaligua di lokasi atau membelinya bagi dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

3. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Tirta Husada Brebes

Pemandian Air Panas Tirta Husada

Pemandian Air Panas Tirta Husada ialah objek wisata yang terletak di desa Kedungoleng bagian Barat tepatnya di pedukuhan Cipanas. Pemandian Air Panas Tirta Husada sebagai bagian tempat wisata pemandian air panas alami yang dipercaya beberapa orang dapat dimanfaatkan bagi terapi bermacam macam penyakit seperti penyakit kulit, rematik, pegal-pegal, linu dan lain-lain dengan berendam.

di luar itu juga sering di menjadikan tempat rekreasi bersama-sama keluarga yang cukup nyaman. Obyek wisata ini diperlengkapi dengan fasilitas kolam renang anak, kamar mandi dan kamar mandi VIP, bahkan juga juga juga ada Cafe dan family karaoke. Tiket masuk ke sini ialah kurang lebih IDR. 6.000,-

4. Tempat Wisata Kolam Renang Ciblon Waterboom Brebes

Ciblon Waterboom

Ciblon Waterboom ialah bagian waterboom unggulan di Kabupaten Brebes. Wisata keluarga di Brebes ini amat sesuai bagi didatangi bersama-sama keluarga terutama saat liburan tiba. Sarana yang dipunyai Ciblon Waterboom berupa permainan ember tumpah dengan kedalaman kolam setengah meter.

di luar itu, ada lintasan kolam umum dengan kedalaman antara 1,5 sampai 1,8 meter juga ada Slider (slorotan) yang mempunyai ketinggian sampai 12 meter dan kedalaman kolam sampai 50 sampai 60 meter. diperlengkapi juga dengan fasilitas sauna, fitnes, senam aerobik, cafe. di luar itu terdapat gazebo bagi mereka pengunjung, kamar ganti dan lahan parkir yang cukup luas.

Lokasi Ciblon Waterboom ini sendiri berada pada Jalan Yos Sudarso, Kota Brebes.

5. Tempat Wisata Waduk Penjalin Brebes

Waduk Penjalin Brebes

Brebes juga mempunyai tujuan wisata waduk lain yaitu Waduk Penjalin. Waduk Penjalin mempunyai luas kurang lebih 1,5 km persegi yang dibuat pada masa Pemerintahan Belanda atau kurang lebih tahun 1930. Waduk Penjalin terletak di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.

sekarang ini belum pula banyak wisatawan dari luar daerah yang berkunjung ke tempat wisata murah di Brebes ini. Pengunjung paling banyak masih dari warga kurang lebih waduk.

6. Tempat Wisata Waduk Malahayu Banjarharjo Brebes

Waduk Malahayu

Waduk Malahayu merupakan bagian bendungan peningggalan penjajahan Belanda yang terletak di Daerah kabupaten brebes ,banjarharjo tepatnya di desa yang dengan nama desa malahayu ,waduk ini amat indah sekali,cuman yang butuh disayangkan sekarang ini perawatan yang kurang max ,hingga pesona keindahan waduk malahayu aga memudar.

Lokasi tempat wisata ini berada pada desa Malahayu, Kec. Banjarharjo, kab. Brebes. terkecuali sebagai tempat rekreasi, waduk Malahayu ini juga difungsikan sebagai pengontrol banjir dan irigasi. Di sini kamu terkecuali dapat melihat pemandangan waduk, Kamu mau dimanjakan dengan panorama pegunungan dan hamparan hutan jati. untuk Kamu yang hobby berkemah, di sini juga disediakan tempat bagi berkemah. Tiket masuk bagi berwisata ke waduk ini ialah IDR. 5.000.

7. Tempat Wisata Pantai Randusanga Brebes

Pantai Randusanga

Pantai Randusanga merupakan bagian pantai yang terletak di Randusanga kulon, Brebes, atau 7 km dari kawasan jalan raya pantura. Pemandangan pantai ini cukup indah. Di kawasan pantai ini dimanfaatkan bagi membudiyakan rumput laut dan ikan bandeng. Di pantai ini Kamu dapat menikmati pemandangan pantai yang berpasir putih dengan ombak yang gak terlalu besar. .

di luar itu, Di sini juga terdapat makanan ciri yaitu rujak uleg, dapat dicoba tuh. Fasilitas yang ada disini ialah mainan anak, panggung gembira, arena balap motor (grass track), camping ground, kafe dan rumah makan ciri ikan laut bakar serta kios-kios yang menjual oleh-oleh ciri Brebes berupa telur asin dan bawang merah. Tiket masuk kepantai ini cuma IDR. 10.000.

8. Tempat Wisata Candi Pangkuan Brebes

Candi Pangkuan Brebes

terkecuali terkenal dengan wisata alamnya, Kabupaten Brebes juga terdapat wisata sejarahnya yaitu Candi Pangkuan. Candi Pangkuan ini terdapat di Desa Cilibur, kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Candi Pangkuan pertama kali ditemukan oleh warga kurang lebih tahun 1965.

Sampai sekarang ini belum pula jelas tentang sejarah Candi Pangkuan ini karna gak ada prasasti atau catatan sejarah yang menjelaskan keberadaan caandi ini. Menurut warga kurang lebih candi ini merupakan peninggalan orang terdahulu yang digunakan sebagai tempat pemujaan.

9. Tempat Wisata Desa Wisata Ciseureuh Brebes

Desa Ciseureuh

Tempat Wisata Desa Cisereuh ini letaknya di kaki gunung Kumbang, tepatnya di pedukuhan Jalawastu, desa Ciseureuh, Kec. Ketanggungan, Kab. Brebes. Di desa ini masih amat kental sekali dengan budaya dan tradisi lokal daripara leluhur yang masih orang sini jaga.

Di sini Kamu dapat melihat tradisi unik yang telah mendarah daging dengan orang asli sini. Beberapa hal unik lainnya ialah seluruh rumahnya beratap seng dan berdinding kayu, seluruh rumah di kawasan ini dilarang beratap genting dan dilarang berdinding tembok, dilarang menggunakan semen juga keramik. di luar itu, penduduk di sini juga pantang menanam bawang merah.

10. Tempat Wisata Ranto Canyon Brebes

Ranto Canyon

Ranto Canyon merupakan tujuan wisata baru yang berada di Brebes tepatnya di desa Tembongraja, kecamatan Salem. Ranto canyon merupakan bagian tempat di mana terdapat air terjun dan sungai yang cukup indah dan di batasi oleh tebing yang eksotis.

Ranto canyon terletak di wilayah barat desa tembongraja, yang merupakan aliran sungai cigunung berada di tengah hutan dan masih jarang dikunjungi oleh orang. Tempat ini nyaris sama seperti green canyon yang telah terkenal terlebih dahulu. Ranto canyon gak kalah dengan green canyon karna tempat ini mempunyai beberapa titik yang bagus bagi dikunjungi dan bagi menikmati keindahan alam yang masih murni.

11. Tempat Wisata Agrowisata Besaran Brebes 

Agrowisata Besaran

Agrowisata Besaran yang masuk dlm deretan tempat wisata di Brebes ini merupakan perluasan usaha oleh PG Jatibarang. Lokasi agrowisata sendiri ialah di bekas rumah dinas administratur atau sering di sebut dengan Mbesaran.

Oleh karna itu agrowisata yang dibuat ini dinamai Agrowisata Mbesaran. dengan biaya masuk yang cukup murah, cuma 3000 rupiah Kamu dan keluarga dapat bersenang-senang menikmati fasilitas seperti kereta wisata, kolam terapi ikan, flying fox, kolam renang dan perahu ontel.

12. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Cipanas Buaran Brebes

Cipanas Buaran

Nah Satu sedang Wisata Brebes berupa pemandian air panas yaitu Pemandian Air Panas Cipanas Buaran. Pemandian ini berada di Desa Pengebatan Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes.

Pemandangan di pemandian Cipanas Buaran ini cukup indah karna lokasinya di kurang lebih perbukitan yang terdapat pepohonan pinus disekitarnya. Udara di kurang lebih pemandian juga amat sejik hingga menambah suasana pegunungan yang ciri.

13. Tempat Wisata Wisata Telaga Ranjeng Brebes

Tempat Wisata Telaga Ranjeng Brebes

Tempat Wisata Telaga Ranjeng Brebes amat nyaman, udaranya fresh, serta banyak ditemukan pohon-pohon rindang yang dapat digunakan bagi berteduh menghindari teriknya cahaya matahari. Air yang terdapat di telaga juga masih jernih karna gak boleh ada satu juga perahu yang diperkenankan berlayar ke tengah telaga. karna itulah mengapa keasrian dan kejernihan air sering terjaga.

di luar itu, Telaga Ranjeng mempunyai panorama hutan pinus dan perkebunan teh yang letaknya gak sangat jauh. situasi seperti ini sangat dapat membuat Kamu takjub. terlebih-lebih kalau tiap hari Kamu sering jalankan rutinitas yang monoton dan dikejar-kejar deadline. Pergilah ke Telaga Ranjeng karna menurut cerita beberapa orang, mereka yang tengah galau biasanya membutuhkan tempat yang sesuai bagi menenangkan diri.

Lokasi : Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes/

14. Tempat Wisata Kalibaya Park Brebes

Kalibaya Park

Pesona dan eksotisme alam Salem sepertinya tak sempat habis bagi di eksplore. bagian obyek wisata baru yang datang ialah Wana wisata Kalibaya Park, yang berada di atas Puncak Malio atau Gunung Lio.

Wana Wisata Kalibaya Park menyajikan pesona alam puncak gunung dengan viev Waduk Malahayu, dengan fasilitas permainan Outbound, Gardu pandang (Panyawangan), menara awasi , ATV & Komodo track serta padang Savana. Tempat wisata yang dikelola oleh instansi Masyara kat Desa Hutan, Pemerintah Desa (Pemdes) Pasir Panjang, dan Karang Taruna.

15. Tempat Wisata Curug Awu Brebes

Curug Awu Brebes

Curug awu merupakan salah tempat wisata alam yang cukup menarik bagi di kunjungi di daerah Brebes. Curug Awu terkecuali sebagai tempat wisata juga meningkatkan pendapatan asli daerah dan dapat mensejahterahkan orang kurang lebih karna berkat Curug Awu jadi beberapa orang yang berbondong-bondong bagi berkunjung daerah ini.

Keindahan alam dan kesejukan udara di daerah Curug Awu jadi daya tarik sendiri bagi mereka pengunjung Curug Awu. Curug Awu terletak di wilayah Dukuh Gronggongan Desa Wanareja, Kecamatan Sirampog , Kabupaten Brebes. Berada di kawasan hutan lindung petak 20 dan 21. Lokasi Curug berada kurang lebih 3 kilometer ke arah utara Dukuh Gronggongan. Curug Awu mempunyai ketinggian 100 meter.

16. Tempat Wisata Hutan Mangrove Kaliwlingi Brebes

Hutan Mangrove Kaliwlingi Brebes

Hutan mangrove sebagai target wisata dari Desa Wisata Pandansari Kaliwlingi Brebes. Kawasan hutan mangrove itu sengaja di untuk bagi mencegah abrasi yang makin meluas di pesisir pantai Brebes.

Hutan Mangrove itu juga difungsikan jadi tempat biota laut seperti kerang, kepiting, atau pun ikan. Sebagai penunjang tempat wisata ini, tracking atau tempat jalan menyusuri rimbunnya mangrove serta burung bangau yang kerap berada di rimbunan ranting atas pohon mangrove, mulai dibuat.

17. Tempat Wisata Bukit Panenjoan Brebes

Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan Berada di Dusun Babakan Desa Wanoja, Bukit Panenjoan ialah tempat strategis berada tak jauh dari jalan raya desa Windusakti-Capar. kurang lebih 50 meter di pinggir jalan bagi melihat sunrise dan wilayah kecamatan Salem dengan cara keseluruhan. bagi melihat sunrise di sini, gak butuh menunggu dari subuh atau pagi-pagi.

Bukit Panenjoan juga mempunyai sejumlah fasilitas, beberapa di antaranya; kursi duduk bagi bersantai sembari menikmati pemandagan alam, warung makan, dan gardu pandang. Nah, gardu pandang dibawah ini yang biasanya jadi spot andalan di obyek wisata Bukit Panjenoan. mereka wisatawan rela antri demi memperoleh photo yang cantik.

18. Tempat Wisata Puncak Gunung Lio Brebes

Gunung Lio

Gunung Lio yang berada di perbatasan Salem dan Banjarharjo, dapat dikembangkan sebagai Bumi Perkemahan, hingga dapat meningkatkan daya tarik Salem namun gak kurangi fungsinya sebagai daerah penyangga suplai air bagi kabupaten Brebes.

sehari-hari libur Puncak ini sering di padati oleh wisatawan dari bermacam daerah. terkecuali menikmati hawa sejuk dan pemandangan yang menakjubkan eksotis kita juga dapat mengenal keanekaragaman hayati yang berada pada kurang lebih Gunung Lio.

Puncak ini dapat di tempuh dari arah Banjarharjo dengan lewat Bandungsari dan juga di tempuh dari Desa Pasirpanjang Salem. namun seumpama dari arah Bumiayu dan Majenang dapat menjalani petunjuk jalan arah Tanjung Kersana Brebes.

19. Tempat Wisata Curug Panyusuhan Brebes

Curug Panyusuhan

Curug panyusuhan terletak di hulu sungai ci gunung yng berada tida jauh dari desa tembong raja dan windusakti. di curug itu terdapat kurang lebih 7 curug yng indah. tapi cuma dapat di tempuh dengan jalan kaki kurang lebih satu setengah jam dari desa Tembongraja Kec. Salem.

sekian artikel tentang 19 Tempat Wisata di Brebes yang Paling digemari Pengunjung yang dapat kami bahas . mudah-mudahan dapat jadi rekomendasi target wisata Kamu bersama-sama keluarga tercinta.

advertisement